HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Sabtu, 07 Juli 2012

HATI-HATI DENGAN HOAX

Yo... lama tidak berjumpa wahai semua pembaca blog saya yang tercinta. Sorry nih.. selama ini saya memang tidak mengurus blog ini dikarenakan banyak kesibukan di dunia nyata hehe. Apalagi menjelang UAS haha. Owalah jadi malah curcol nih.. ya sudahlah lupakan saja.

Mari kita membahas tema ringan tapi ada isinya. Jadi ngga sembarangan bacaan. Seperti yang kita ketahui bersama, semenjak booming-nya internet maka akses untuk mendapatkan informasi apapun menjadi sangat-sangat mudah. Segala informasi dapat kalian ketahui baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Hanya saja hal itu dapat kalian ketahui jika ada yang memposting dan upload di internet itu sendiri melalui website. Jika tidak maka, sampai nenek-nenek salto sambil naik kuda juga nggak bakal ketemu hahaha.


Jika kalian tidak tahu mau kemana mencari informasi cukup mengetikkan alamat search engine. Search engine yang terkenal ya Google contohnya. Setelah terbuka web-nya maka kita tinggal mengetikkan apapun di text box-nya terusss enter deh. Taraaaa.. jutaan web ketemu dalam waktu sekian detik.

Hanya saja banyak sekali dari web yang kita temukan berisi materi yang mendekati sama persis antar web tersebut. Yah bisa dibilang asal copas aja. Tapi itu masih mending daripada kalian mendapatkan informasi yang bukan seharusnya atau tidak benar yang lebih dikenal dengan istilah HOAX alias berita bohong.

Memang sangat merepotkan dan sangat menggangu. Selain bersifat nge-junk ini juga bisa mengakibatkan salah pahamnya seseorang dengan masalah yang ditampilkan dari HOAX tersebut. Intinya bisa bikin kacau terlebih mengabitkan kehebohan luar biasa.

Entah apa niatnya membuat berita bohong nggak jelas tersebut. Tapi yang jelas sebagai konsumen dari internet sekaligus pencari informasi kita di tuntut secara tidak langsung untuk lebih cerdas dalam memahami suatu informasi. Jadi jangan lantas langsung percaya 100%. Bisa juga kita mencari dari web lain mengenai informasi serupa. Toh, website di internet ini jumlahnya banyak sekali. Kalau pun mayoritas web yang kita temui bernada sama, kita juga jangan lantas langsung percaya begitu saja. Bisa jadi pemiliknya asal copas saja. Betul tidak ?!

HOAX sendiri tergolong penipuan di internet. Nah jalan terbaiknya kita harus berpikir secara terbuka dan tetap mencari informasi dari sumber lain. Jika informasi  kalian bersifat tutor, bisa saja kalian langsung praktek. Apakah informasi dari tutor tersebut benar atau tidak, jika ya cari lagi. Jika informasi yang kalian maksud adalah software instalan. Bisa kalian coba tapi saya sarankan kalau soal seperti ini mendingan download langsung dari website resminya. Sebab hal ini sudah terjamin keamanannya. Kalau seandainya kalian men-download dari website tidak resmi, selain itu program palsu (aslinya virus), atau aspal (asli hanya saja disisipi script jahat semacem malware). Jika itu hanya sekedar berita atau info saja bisa kalian anggap hanya sebatas hiburan saja.

Jadi intinya, kalian semua jangan langsung lantas saja percaya. Pelajari dulu secara baik-baik dan seksama. Sebab kalau ada apa-apa bisa jadi yang rugi malah kalian sendiri. Akhir kata untuk kalian semua... so enjoy your surfing... Hati-hati sama HOAX ya...

sumber : otak saya sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.